How soon 'not now' becomes 'never'

Posted by brainstorms
Thursday, November 12, 2009

How soon 'not now' becomes 'never' ( Martin Luther ).Belum lama ini saya menemukan kutipan tersebut, ketika sedang ber googling ria. Sebuah kalimat singkat, tapi sangat mengandung arti. Berapa lama 'tidak sekarang' menjadi 'tidak sama sekali'. Saya pikir, itu adalah masalah kita semua. Yaitu, selalu menunda-nunda apa yang akan kita kerjakan atau yang sudah kita rencanakan. Dengan alasan 'sekarang bukan waktu yang tepat', kita sering mengebelakangkan rencana yang sudah terjadwal sejak lama. Berapa lama 'tidak sekarang' menjadi 'tidak sama sekali'. Sehari, seminggu, sebulan, ataukah setahun. Yang pasti, itu akan terjadi jika anda tidak berniat untuk merubah status tersebut.

Saya coba menggambarkannya melalui sebuah cerita pendek.

Hafiz, salah satu atlet basket di kampusnya. Dia menyukai Rina seorang mahasiswi yang sering melihat pertandingannya di kampus. Hafiz mulai mendekati Rina, semakin hari mereka semakin akrab saja. Tapi setiap kali, ia ingin menyatakan isi hatinya selalu terlintas kata-kata 'Ini bukan saat yang tepat. Belum ada yang bisa dibanggakan pada diriku. Aku saja jarang memenangkan pertandingan' dipikirannya, selalu dan selalu kata-kata itu. Sampai akhirnya, Rina pindah ke luar kota karena pekerjaan orang tuanya dan Hafiz belum sempat menyatakan isi hatinya. Padahal, Rina sengaja memohon pada ayahnya untuk menunda kepindahannya hanya untuk mengetahui perasaan Hafiz padanya. Rina juga menyukai Hafiz, sebagaimana Hafiz menyukai Rina. Terlalu lama menunggu, dan akhirnya Rina menyerah, dan memutuskan untuk tidak berhubungan lagi dengan Hafiz. Dari teman-teman Rina, Hafiz baru mengetahui bahwa Rina juga suka padanya. Hafiz sangat menyesal, apalagi ia tidak tahu ke kota mana Rina pindah. Ia berusaha mencari tahu lewat teman-teman Rina, tapi tak ada yang tahu. Sekarang yang terlintas di pikirannya bukan lagi 'ini bukan saat yang tepat' tetapi 'Andai aku menyatakan isi hatiku saat itu'.


Jadi, jangan biarkan ketidakpastian menghinggapi diri anda. Penyesalan selalu datang diakhir. Jangan menunggu semuanya jadi tepat, tidak akan jadi sempurna, akan selalu ada halangan dan rintangan. Ingat, ketidaksempurnaan membuat anda istimewa. Jangan terpuruk oleh ketidaksempurnaan, tapi bangkit melaluinya. Halangan bukanlah sesuatu yang berarti bila kita dengan mantab menjalaninya.

Jangan biarkan kata 'not now' menjadi 'never', tapi berusahalah merubahnya menjadi 'Get started now'. Karena, setiap langkah yang anda ambil nantinya, sebanyak apapun rintangannya, malah akan membuat anda kuat dan lebih kuat, lebih dan lebih berani, lebih dan lebih terampil, dan tentunya lebih sukses dari sebelumnya...

Blogger Template New Plus Blue