Nettop menggantikan Desktop

Posted by brainstorms
Saturday, November 7, 2009



Pada jaman modern seperti ini, semua orang ingin hidup mereka lebih mudah dan praktis, apalagi yang berhubungan dengan teknologi. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau yang namanya teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Kehidupan manusia sekarang-sekarang ini tak luput dari penggunaan komputer dan internet. Bahkan anak berusia 6 tahun pun sudah bisa menggunakan komputer dan mengakses internet. Komputer dan internet tidak bisa dijauhkan dari kehidupan kantor dan aktivitas perkuliahan. Maka itu dibutuhkan komputer yang mudah dibawa kemana-mana dan mengakses internet, selain netbook tentunya. Dan akhirnya Intel mengeluarkan Nettop.

Nettop pertama kali dikenalkan pada 2007. Komputer meja (Desktop) berukuran mini ini dirancang untuk berkomputasi ringan dan mengakses internet. Nettop dapat dioperasikan dengan berbagai macam sistem operasi, yang paling banyak Windows XP. Beberapa tipe yang lebih canggih dan model Nettop sudah mampu dioperasikan dengan Windows Vista dan Windows 7, bahkan LINUX karena lebih murah dan mudah diinstal. Bukan tidak mungkin Google Android dapat dioperasikan pada Nettop.



Nettop juga lebih murah dibandingkan dengan PC atau netbook. Hanya dengan harga 2 sampai 3 jutaan, Nettop sudah menjadi milik anda. Apalagi produk ini lebih hemat energi, prosesor Intel Atom pada Nettop hanya memiliki thermal power sebesar 4 watt atau 16 kali lebih kecil daripada prosesor PC biasa, serta 9 kali lebih kecil dibanding prosesor notebook. Nettop juga lebih menghemat tempat, hanya 1/3 ukuran casing komputer normal.Prosesor Atom pada nettop, piawai pula untuk menjalankan sejumlah aplikasi seperti Office, melihat foto dan video, download musik hingga game-game dasar.

"Dengan bentuknya yang kecil dan ringan, Anda bisa membawa nettopkemana pun. Baik kantor, rumah saudara atau ke rumah teman, lalu gunakan. Mudah sekali. Seluruh data Anda aman tersimpan dalam kotak yang bisa Anda genggam," ujar Noury Al Khaledy, General Manager Intel Corporation.



Jenis Nettop beragam, dan yang paling diminati adalah tipe All in One. Tipe ini memiliki konsumsi daya hanya 170 watt (separuh dari komputer normal), selain itu desainnya ringkas dan elegan. Yaitu, menggabungkan LCD dan CPU sekaligus dalam satu casing berbahan alumunium, sehingga pemakaian selama apapun, kondisi dan suhunya tetap stabil.

"Memang, nettop memiliki kemampuan terbatas dibanding PC. Tapi untuk orang biasa yang tidak memerlukan aplikasi-aplikasi khusus dalam aktivitas pekerjaannya, nettop sangat cocok untuk mereka," ujar Noury. Nettop diperkenalkan pertama kali oleh Intel untuk menggambarkan produk rendah biaya saat meluncurkan prosesor Intel Atom yang diberi nama Diamondville.

Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) memperkirakan, nettop akan tumbuh menjadi 9 juta unit pada 2012. Sementara itu, Intel memperkirakan akan ada 60 juta unit 'nettop dasar' pada 2011.

Di Asia-Pasifik, pengguna terbesar nettop adalah Korea Selatan, sebesar 39 persen.
Di Indonesia, pengguna nettop tergolong kecil, hanya 3 persen. Sementara India 10 persen, Taiwan 21 persen, Malaysia 2 persen, Thailand 11 persen, dan Vietnam 1 persen. Untuk mengatasi kesenjangan antara negara maju dan berkembang dalam bidang teknologi, berbagai langkah dilakukan Intel. Salah satunya menggandeng vendor-vendor lokal, termasuk dukungan pemerintah.

Di Indonesia, para vendor lokal mulai mengalihkan pasar mereka dari desktop ke nettop. Alasannya, bentuknya yang ringkas cukup nyaman untuk dibawa ke mana saja, lengkap dengan teknologi konsumsi power yang hemat. Mereka yakin, nettop yang diproyeksikan sebagai komputer kedua juga akan populer di Indonesia. Beberapa contoh nettop yang ada di pasaran seperti CherryPal, Koolu, ASUS Eee Box, Linutop, Zonbu, dan gPC serta gPC mini yang dibuat Everex. Selain itu, ada juga Asus Eee Box dan desktop MSI Wind PC yang masih dalam pengembangan.

Di Indonesia, PC lokal yang mulai terjun di pasar nettop adalah PT Metrodata Indonesia yang memproduksi PC ION. Selain itu, kerja sama Zyrex dan Intel juga menghasilkan nettop bernama Tarsus, yang didukung prosesor Intel Atom N230 1,6 GHz,HDD 160 GB, RAM sebesar 1 GB, grafis dan audio definisi tinggi, serta DVD combo.

sumber

Blogger Template New Plus Blue